Postagens populares

Sidebar menu

RSS
Container Icon

Pages

PESANTREN BERBENAH

Di awal tahun baru Hijriyah 1432, Pondok Pesantren Hamalatul Quran melakukan pembenahan-pembenahan fisik. Pembenahan dan pembangunan fisik ini didukung oleh para donator, pemerintah, maupun dari kas pribadi Pondok Pesantren.
Pertama pembangunan dimulai dari kantor baru Madrasah Aliyah Hamalatul Quran, yang keseluruhan pembangunan berikut dananya berasal dari Ibu Jundan Harun hafidhahallahu ta’ala, Karangkajen, Yogyakarta. Semoga Allah memberikan perlindungan dan kasih sayang yang melimpah kepada beliau dan keluarga.
Kedua adalah renovasi Madrasah Aliyah dengan memakai dana bantuan dari Kementrian Agama, bidang Mapenda. Renovasi kali ini meliputi penggantian usuk dan reng atap sekolah, penggantian lantai dasar sekolah yang sebelumnya berupa mester semen dengan keramik, dan penglepoan dinding sekolah dengan semen berikut pengecatan yang sebelumnya sebagian masih belum dilepo (ditutup semen).
Ketiga adalah pembuatan Septitank yang sebelum ini begitu merepotkan para santri karena kebocorannya, dan karena sistem pembuangan dan luasnya yang tidak sebanding dengan jumlah santri. Alhamdulillah sekarang Septitank sudah ditambah, dan dengan pembuangan yang lancar tanpa kebocoran lagi.
Keempat adalah pembuatan lapangan voli yang berada di tengah kebun pondok, sesuai Site Plan yang telah dibuat jauh-jauh hari. Dana pembuatan ini melalui kas pribadi pondok pesantren.
Kelima yang terakhir dan yang masih dan akan berjalan pembangunannya adalah pembangunan 2 gedung asrama santri, 1 ruang kamar ustadz-ustadz pengabdian, dan Pendopo Serbaguna. Harapan dari pembangunan yang terakhir ini tentu supaya santri semakin nyaman tidurnya, karena saat ini kapasitas asrama sudah sangat tidak layak untuk jumlah santri yang lumayan banyak (4 kamar berpenghunikan 130-an santri). Demikian juga para ustadz pengabdian supaya memiliki kamar yang representative dan nyaman ditempati. Kemudian Pendopo Serbaguna insya Allah sehari-harinya akan dipergunakan untuk tempat makan santri, sedang di hari-hari tertentu dapat digunakan untuk Ruang Pertemuan seperti Rapat, Pengajian, dan sebagainya. Sedang dana pembangunan terakhir ini adalah dari bantuan Kementrian Agama Pusat di Jakarta. Semoga Allah memberikan perlindungan dan hidayah-Nya kepada para pemimpin kita.
Inilah beberapa pembangunan fisik pondok Pesantren Hamalatul Quran. Jika Allah masih mengizinkan, semoga setelah ini dapat membangun rumah ustadz di tanah pondok. Dikarenakan saat ini, masih banyak ustadz-ustadz yang rumahnya ngontrak di sekitar area pondok. Tentu harapan terakhirnya, akan terkabul jika Allah memberikan rezki baik melalui amal usaha pondok, maupun dari para dermawan yang dibukan pintu hatinya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Amin Ya Allah…
Sedang kabar santri, Alhamdulillah karena gunung merapi sudah diturunkan statusnya menjadi Siaga, maka beberapa santri dikembalikan ke anak cabang pondok yaitu Pondok Pesantren Al Hadi, Turi yang terletak tidak jauh dari lereng Merapi, guna melanjutkan percepatan hafalan mereka. Sementara para santri yang tinggal di Pesantren Hamalatul Quran juga tidak diperkenankan pulang ke rumah di liburan semester ini, guna memperkuat hafalan Al Quran mereka. Di akhir liburan semester, para santri mengadakan rihlah atau rekreasi untuk merefreshkan pikiran dan mengagumi ayat-ayat kauniyah Allah Subhanahu wata’ala.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Penulis Majalah Al 'Ibar

1. Ust. Agus Andriyanto, Lc

2. Ust Rohmanto, Lc

3. Ust. Amri Suaji, Lc

4. Ust. Abdus Salam, Lc

5. Ust. Aris Munandar, S.S.

6. Ust. Ulin Nuha, S.Pd.I

7. Ust. Jarot Nugroho, S.Pd.I

8. Ust. Budi Setiawan, S.K.M.

9. Ustadzah Umi Hajar, Lc

Alamat Kantor Redaksi,Periklanan dan Pemasaran

Pondok Pesantren Hamalatul Quran

Kembaran RT 4, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 

Telp/Fax: 0274 372 602 

email: pesantrenhamalatulquran@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Tags

BTricks

BThemes