Postagens populares

Sidebar menu

RSS
Container Icon

Pages

KACAMATA AKHIRAT

Menarik sekali ketika manusia diberi pilihan amalan ahli surga dan amalan ahli neraka. Terkesan di kebanyakan orang bahwa amalan ahli neraka begitu indah dan menyenangkan jika dilakukan, dan amalan ahli surga begitu berat dan sangat membosankan jika dilakukan. Tanyalah satu orang yang melakukan sebuah kemaksiatan, kebanyakan mereka hanya beralasan kepuasan dan kesenangan semata. Memang demikianlah Iblis dalam misi mencari pengikutnya, yaitu menggambarkan kepada manusia hal-hala yang haram indah dirasa. Penjabaran masalah ini bisa Anda ikuti dalam rubrik Kisah Quran.
Satu contoh lagi adalah berkenaan dengan benda najis. Kotor belum tentu najis, sementara najis pastilah kotor. Ukuran ‘kotor’ yang mengenai tubuh maupun pakaian orang muslim, dan hendaknya cepat dibersihkan adalah apa yang disampaikan oleh syariat, bukan oleh ilmu manusia. Meski belum bisa dicerna oleh akal manusia, namun ittiba’ adalah pilihan pasti. Karena kita melakukan sesuatu atas dasar taat kepada Pencipta. Tentang macam-macam najis bisa Anda ikuti dalam rubrik Ibadah Shahihah.
Hal yang senada adalah apa yang ditanyakan Pembaca berkaitan dengan keramas dengan Khamr yang katanya mengandung protein yang baik untuk rambut. Semua akan dibahas detail dalam rubrik Konsultasi Syariah.
Maka orang yang sudah yakin dengan kebenaran Al Quran, dia tidak akan salah jalan dalam melalukan amalannya. Namun orang yang memiliki keyakinan yang salah atau tidak sesuai dengan Al Quran, maka amalannya otomatis juga keliru dan tak berarti lagi. Hal ini dibahas dalam rubrik refleksi.
Demikianlah memang, kaca mata manusia dalam menyikapi pada hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan adalah dengan kacamata akhirat yaitu segala hal yang berobsesi pada keselamatan dunia dan di akhirat. Hal ini tercapai dengan mendekat pada Al Quran dan As Sunnah. Singkirkan dahulu akal jika ada pada keduanya. Karena berasal dari Pencipta kita dengan segala apa yang ada di dunia lemah ini. Maka, sangatlah naïf sikap beberapa orang yang memilah-milah ayat maupun hadits mana yang sesuai akal dan mana yang tidak. Jika sesuai dilakukan, jika tidak, diingkari atau ditafsirkan dengan makna yang sesuai akal (baca:diakali).
Banyak rubrik lain yang semoga bisa menambah khasanah ilmu pembaca semua, dan semoga Allah membimbing akal pikiran kita dengan Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Kami atas nama redaksi berdoa keberkahan, keselamatan dan kelapangan hidup kepada Pembaca yang setia membaca majalah Al ‘Ibar ini. Barakallahu fikum…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Penulis Majalah Al 'Ibar

1. Ust. Agus Andriyanto, Lc

2. Ust Rohmanto, Lc

3. Ust. Amri Suaji, Lc

4. Ust. Abdus Salam, Lc

5. Ust. Aris Munandar, S.S.

6. Ust. Ulin Nuha, S.Pd.I

7. Ust. Jarot Nugroho, S.Pd.I

8. Ust. Budi Setiawan, S.K.M.

9. Ustadzah Umi Hajar, Lc

Alamat Kantor Redaksi,Periklanan dan Pemasaran

Pondok Pesantren Hamalatul Quran

Kembaran RT 4, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 

Telp/Fax: 0274 372 602 

email: pesantrenhamalatulquran@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Tags

BTricks

BThemes