Postagens populares

Sidebar menu

RSS
Container Icon

Pages

Restrukturisasi Kepengurusan dan Perubahan Jadwal Kegiatan

Pesantren ibarat sebuah perahu yang memiliki nahkoda, dan penumpangnya. Gerak laju perahu sangat ditentukan oleh kebijakan sang empunya, maupun siapa yang ditunjuk untuk menjalankannya. Ke mana arah yang dituju dan apa misi pergi ke tempat tersebut.
Dengan niat perapatan shaff dan harapan ke depan yang lebih baik, Yayasan Hamalatul Quran di tahun 2011 ini melakukan sedikit perubahan kepengurusan. Mulai tahun ini ditunjuklah Wakil Ketua Yayasan yang sebelumnya belum ada, yaitu Ustadz Amri Suaji, Lc. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris. Sementara Ustadz Rohmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Bendahara bergeser menggantikan jabatan Sekretaris, kemudian jabatan lamanya dipegang oleh Ustadz Samhudi. Sementara jabatan ustadz-ustadz lain masih tetap seperti semula, artinya tidak ada perubahan.
Kegiatan keseharian pesantren juga sedikit dirubah. Untuk pagi hari dibentuk halaqah (kelompok) yang rata-rata setiap kelompok dipegang oleh dua ustadz; satu ustadz senior, dan satu ustadz pengabdian. Satu halaqoh rata-rata sebanyak 12 santri. Sistemnya masih seperti biasa, setelah selesai Shalat Subuh dan mengikuti kajian terjemah, tafsir dan I’rab Al Quran, para santri akan menuju kepada halaqahnya masing-masing. Kemudian mereka duduk melingkar dengan ustadz pengampunya, dan menghafalkan Al Quran sendiri-sendiri sesuai urutan hafalan Al Quran yang dimiliki masing-masing. Setelah selesai, kemudian hafalan mereka disetorkan kepada ustadz. Jumlah yang disetorkan tidak mengikat, sesuai dengan kemampuan santri. Namun rata-rata santri mampu menghafal 1-2 halaman per-pertemuan. Setoran hafalan ini berakhir hingga jam 06.30, namun bagi santri yang sudah menyetor hafalannya boleh pergi ke kamarnya minimal jam 06.00. Harapan dari program ini tentu adalah hafalan Al Quran santri lebih meningkat dan terpantau. Sedang acara sore setelah shalat Ashar juga dirubah. Mulai kali ini kegiatan rutin santri adalah mengikuti kajian Kitab Kuning yang diampu oleh ustadz-ustadz senior. Kajian Kitab Kuning ini adalah: At Tibyan fi Adabi Hamalatil Quran, Hilyah Thalibil ‘Ilmi, Ushuluts Tsalatsah, Matan Ghayat Wat Taqrib, Qawaid Fiqhiyyah, dan Mulakhas Nuril Yaqin. Sementara untuk kelas 1 dan 2 Madrasah Salafiyyah Wustho masih mengikuti pendalaman Bahasa Arab dari tiga buku: An Nahwu Al Wadhih, Amtsilatu Tasrifiyyah, dan Durusul Lughoh. Kegiatan setelah Maghrib dan Isya’ hingga jam 20.30 sama dengan kegiatan ba’da Shubuh, yaitu setoran hafalan Al Quran bersama dengan halaqahnya masing-masing.
Tak kalah penting juga untuk dikabarkan, di bulan ini Pondok Pesantren ikut berbahagia atas kelahiran putri Ustadz Samhudi, yang diberikan nama Hanum Farhana. Semoga Allah memberikan keberkahan kepada keluarga beliau, dan menjadikan putri beliau putri yang shalihah, penuh manfaat bagi agama Islam.
Pada akhirnya, rasa terima kasih terucap kepada para donator tetap dari Jakarta, Nur Ramadhan Wisata, Jamaah Pasca Haji KBIH Rindu Ka’bah, Jamaah Pengajian, Orang tua-orang tua asuh, dan seluruh donator lain yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu. Semoga amal kebaikan Bapak Ibu semua menjadi bukti sebagai hamba yang terbaik di sisi Allah Subahahu wa ta’ala. Dan dibalas dengan balasan yang lebih dari sisi-Nya. Allahumma Amiin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Penulis Majalah Al 'Ibar

1. Ust. Agus Andriyanto, Lc

2. Ust Rohmanto, Lc

3. Ust. Amri Suaji, Lc

4. Ust. Abdus Salam, Lc

5. Ust. Aris Munandar, S.S.

6. Ust. Ulin Nuha, S.Pd.I

7. Ust. Jarot Nugroho, S.Pd.I

8. Ust. Budi Setiawan, S.K.M.

9. Ustadzah Umi Hajar, Lc

Alamat Kantor Redaksi,Periklanan dan Pemasaran

Pondok Pesantren Hamalatul Quran

Kembaran RT 4, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 

Telp/Fax: 0274 372 602 

email: pesantrenhamalatulquran@gmail.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Tags

BTricks

BThemes